Menuju Desa Trembes yang Guyub, Rukun, dan Sejahtera  

MUSYAWARAH DESA PENETAPAN HASIL PENDATAAN SDGs DESA TREMBES TAHUN 2021

Sumarno | 31 Mei 2021 13:29:29 | 590 Kali

Senin, 31 Mei 2021, di Balaidesa Trembes telah dilaksanakan kegiatan musyawarah desa penetapan hasil pendataan SDGs Desa Trembes Tahun 2021. Musyawarah dipimpin oleh Ketua BPD Desa Trembes, Mulyono, yang dihadiri oleh Pemerintah Desa Trembes, Ketua BPD dan anggota, relawan pokja SDGs, RT/RW, perwakilan lembaga, Toma dan Toga. Dalam kesempatan tersebut, Pj Kepala Desa Trembes menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pendataan SDGs, khususnya kepada relawan pokja pendataan. Pj. Kepala Desa Trembes berharap data SDGs benar-benar sesuai dengan data riil yang ada dilapangan, karena kedepannya data ini akan digunakan desa dalam proses pembangunan berkelanjutan.

Adapun laporan hasil pendataan SDGs Desa Trembes yang disampaikan oleh ketua pokja dalam acara musdes sebagai berikut

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuhu,

Salam sejahtera buat kita semua

Puji syukur kami panjatkan kehadiran Allah SWT/Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat dan KaruniaNya sehingga kami dapat menyelesaikan kegiatan Pendataan SDGs Desa Tahun 2021.

Tak lupa pula kami haturkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam proses pendataan khususnya kepada Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, BPD, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa serta teristimewa buat semua anggota Pokja Pendataan SDGs Desa.

Laporan Hasil Pendataan SDGs Desa ini kami susun berdasarkan tahapan kegiatan sebagai berikut :

  1. Sosialisasi SDGs Desa;
  2. Rapat awal persiapan pendataan SDGs Desa dan Pembentukan Pokja Pendataan dan Pemutakhiran Data Desa Tahun 2021 melalui Keputusan Kepala Desa;
  3. Pembekalan Pokja Pendataan dan Pemutakhiran Data Desa Tahun 2021;
  4. Registrasi Pokja terdiri atas Admin Desa dan Enumerator;
  5. Pelaksanaan Pendataan SDGs Desa;
  6. Rapat akhir pelaksanaan Pendataan SDGs Desa; dan
  7. Musyawarah Desa Penetapan Hasil Pendataan SDGs Desa.

Hasil pelaksanaan Pendataan SDGs Desa yang dapat kami laporkan terdiri dari Survey Desa, Survey Rumah Tangga, Survey Keluarga dan Survey Individu dengan Uraian sebagai berikut :

Survey Desa

Jumlah unsur Pemerintah Desa yang telah didata sebanyak 6 (enam) Orang, Jumlah unsur BPD yang telah didata sebanyak 7 (tujuh) Orang, serta data : Lokasi Desa, Pemerintahan Desa, Musyawarah Desa, Regulasi, APBDesa, Aset Desa, Layanan, Kerjasama, Lembaga Kemasyarakatan Desa, BUMDesa, Unit Usaha BUMDesa sertaInfrastuktur dan lainnya.

Survey RumahTangga

Jumlah RT yang telah didata sebanyak 10 (sepuluh) RT dan RW sebanyak 1 (satu) RW, serta data Deskripsi Lokasi, Pengurus RT/RW, Lembaga Ekonomi, Industri, Sarana Ekonomi, Fasilitas Ekonomi, Infrastruktur, Lingkungan, Bencana, Mitigasi Bencana, Sarana Pendidikan, Kesehatan, Kejadian Luar Biasa, Agama/Sosbud, Lembaga Keagamaan, Lembaga Kemasyarakatan, Keamanan, Tindak Kejahatan dan Kegiatan Warga.

Survey Keluarga

Jumlah Keluarga yang telah didata sebanyak 649 (enam ratus empat puluh sembilan) KK, serta data Diskripsi Lokasi, Akses Pendidikan, Akses Kesehatan, Akses Tenaga Kesehatan, Akses Sarana Prasarana, dan lain-lain.

Survey Individu

Jumlah individu yang telah didata sebanyak 1937 (seribu sembilan ratus tiga puluh tujuh) jiwa, serta data Individu, Pekerjaan, Penghasilan, Kesehatan, Disabilitas dan Pendidikan yang dilakukan dengan metode by Name by Address.

Masalah dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Pendataan SDGs Desa adalah :

  1. Aplikasi sering eror
  2. Aplikasi sering keluar sendiri
  3. Sering gagal upload, muncul keterangan user enumerator di non aktifkan
  4. Banyak data ganda
  5. Proses penghapusan data ganda yang lama
  6. Admin desa susah akses web sdgs

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka di butuhkan rekomendasi tindak lanjut oleh Pemerintah Desa agar kiranya hasil pendataan ini dapat lebih valid dan terukur serta dilakukan pemutakhiran setiap tahun.

Demikian laporan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik diucapkan terimakasih.

Wabillahitaufikwalhidayah, wassalamualaikumwarrahmatullahiwabarakatuhu

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung